KEUNIKAN GAGASAN DAN TEKNIK DALAM SENI RUPA TERAPAN

Hasil karya seni,  baik yang berupa karya dua dimensi ataupun tiga dimensi merupakan hasil dari kreativitas seseorang.  Kreativitas tersebut sebagai keunikan gagasan yang mempunyai nilai seni tinggi.

KARYA SENI RUPA TERAPAN DAERAH SETEMPAT


1.  Definisi dan Pengertian Seni Rupa Seni rupa adalah mengubah materi atau media berdasarkan hasil renungan hingga membentul wujud benda yang menyenangkan,  untuk dinikmati keindahannya atau sekaligus dimanfaatkan.

KEUNIKAN GAGASAN DAN TEKNIK DALAM SENI RUPA TERAPAN


Seni rupa merupakan cabang seni,  yang disebut dengan seni visual.  Hal ini disebabkan penggambaran seni rupa berwujud bentuk-bentuk yang dinikmati melalui indra penglihatan.

Menurut bentuknya,  seni rupa dibagi menjadi dua bagian sebagai berikut.


A.  Seni rupa dua dimensi(dwi matra)

Seni rupa dua dimensi(dwi matra) datar yang dari Yakni seni rupa yang dibatasi oleh panjang dan lebar atau pada bidang bisa dilihat depan saja. 

B.  Seni rupa tiga dimensi (tri matra) 

Seni rupa tiga dimensi (tri matra) kedalaman  Yakni seni rupa yang dibatasi oleh panjang,  lebar,  dan tinggi(mempunyai volume atau Berdasarkan bentuknya seni rupa dikelompokkan menjadi berbagai ragam sebagai berikut. 


a.  Seni lukis

Seni lukis merupakan cabang seni rupa yang paling populer dikenal masyarakat.  Seni lukis merupakan seni yang paling tua,  hal itu bisa kita lihat pada lukisan-lukisan yang terdapat pada dinding-dinding gua di zaman manusia purba.  Seni lukis merupakan curahan ide dari pelukis secara visual dua dimensi dengan media zat warna dan kanvas.

  Alat bantunya berupa kuas jari dan palet.  Ada beberapa jenis seni lukis antara lain sebagai berikut


.1)  Gambar
Bentuk seni rupa yang lebih menonjolkan garis dan mengutamakan bentuk serta aspek kegunaan tanpa adanya ekspresi.  Contohnya:  gambar model,  gambar ilustrasi,  gambar desain,  gambar-  gambar arsitektur.  


2)  Lukisan
Yakni gambar yang mengungkapkan bentuk objektif dengan mengungkapkan nilai-nilai yang bersifat subjektif.  


3)  Sketsa Yaknigaris sederhana yang dibuat untuk membuat suatu rencana lukisan,  atau bisa juga lukisan yang bergaya sketsa.  


4)  Kartun Yakni gambar yang telah diubah bentuk dari bentuk asli menjadi gambar yang memberikan kesan lucu.  


5)  Karikatur Yakni suatu gambar sindiran dari sebuah objek yang diubah bentuk,  tetapi masih dapat dikenali dari ciri khasnya.  


6)  Vignet
Yakni gambar dekoratif tanpa maksud yang jelas dan merupakan kreasi yang spontan. 


7)  Siluet
Yakni gambar hitam yang merupakan bayangan suatu objek dengan atau tanpa modifikasi.


b.  Seni patung

Seni patung adalah suatu karya seni yang dicurahkan lewat benda padat tiga dimensi. 


c.  Seni relief

Seni relief adalah suatu karya seni yang merupakan perpaduan antara seni 2 dimensi dan 3 dimensi,  dengan menggunakan teknik ukir,  tempel atau cetak.  Bentuknya berupa gambar pada bidang datar. 


d.  Seni grafis

Seni grafis muncul sebagai usaha untuk memperbanyak hasil karya dengan model yang sama,  dengan menggunakan teknik cetak yang dikerjakan dengan tangan.  Berdasarkan klise ada empat sebagai berikut.  



1)  Cetak tinggi/timbul(reliefprint)

2)  Cetak dalam(intaglio print )
3)  Cetak datar(planography print )
4)  Cetak saring/tembus(stenci print)

e.  Seni fotografi 

Seni fotografi adalah seni melukis dengan cahaya,  yang merekam objek alam atau peristiwa ke dalam klise dengan bantuan alat kamera foto.  Pertimbangan estetikanya sebagai berikut.  


1)  objek yang dipilih karena memiliki nilai keindahan atau keunikan,  penting atau bersejarah dan komersil.

2)  Latar belakang yang mendukung objek baik segi keindahan,  kesan,  dan warna.

3)  Sudut perekaman yang dapat menghasilkan gambar dengan komposisi yang bagus dari segi isi foto dan batas gambar.

4)  Pencahayaan dalam pengambilan objek diharapkan tidak berlawanan dengan sinar matahari.

5)  Jenis kamera.  Untuk merekam objek dengan manipulasi latar belakang,  di gunakan manual fokus dan jika menginginkan latar belakang terekam digunakan kamera istamatik.

6)  Afdruk atau percetakan dapat dilakukan secara biasa atau dimanipulasi agar lebih indah.  Manipulasi dapat berupa pemberian hiasan ataupenggantian latar belakang. 


f) Seni reklame

Seni reklame adalah seni yang digunakan untuk mempromosikan produk barang atau jasa Seni kepada orang banyak.  Nilai seninya terdapat dalam ungkapan kata atau kalimat,  gambar.  grafis desain.  Ada beberapa jenis reklame sebagai berikut.  


1) Stiker gambar atau tulisan yang terdapat pada kertas atau plastik kecil,  di bawah Biasanya berisi slogan,  kata mutiara atau kalimat bijak atau promosi suatu produk.

2)  Advertensi,  biasanya terdapat dalam surat kabar atau majalah.  Isinya berupa pengumuman atau promosi produk barang atau jasa dalam bentuk gambar dan kalimat.

3)  Logo,  bisa berarti inisial yang merupakan lambang dari suatu perusahaan atau instansi pemerintah.

4)  Pamflet adalah jenis reklame yang umumnya di tempel pada tembok atau pohon di tempat yang strategis.  Berisi tentang ajakan atau penawaran usaha.

5)  Poster yaitu jenis reklame namun tidak mempunyai tujuan komersial atau mencari untung tetapi mempunyai tujuan,  mengajak atau menghimbau orang banyak atau masyarakat agar melakukan tindakan yang sama.  Ukurannya bisa besar ataupun kecil.

6)  Spanduk yaitu jenis reklame terbuat dari kain berukuran memanjang,  memuat pesan himbauan atau informasi yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan atau instansi pemerintah.

7) Brosur jenis reklame yang terbuat dari kertas berlipat memuat kondisi suatu perusahaan,  lembaga pendidikan atau instansi pemerintah,  dengan maksud memberitahukan kondisi dan kegiatan serta faktor pendukung lembaga tersebut .

8)  Katalog yaitu jenis reklame berbentuk buku atau kertas yang dilipat,  berisi tentang daftar nama-nama barang dan harga.  Biasanya digunakan untuk kegiatan perdagangan.

9)  Baliho yaitu jenis reklame berukuran panjang atau lebar(raksasa)  berbentuk dua dimensi atau tiga dimensi terbuat dari bahan yang tidak permanen.  Berisi tentang informasi pertunjukan,  pameran,  atau informasi perusahaan baru.  Bisa juga menggunakan balon udara.

10)  Etalase yaitu jenis promosi berupa ruangan kecil berdinding kaca di depan toko tempat barang dijual.  Berisi display barang-barang yang dijual.  Cut out display yaitu jenis reklame berbentuk 3 dimensi berupa balon atau model barang yang dipromosikan dalam ukuran besar yang diletakkan di tempat strategis di sekitar toko

12)  Neon lamp dan neon box,  terbuat dari susunan lampu pada bidang vertikal sehingga membentuk gambar berwarna atau kalimat produk yang dipromosikan.  Neon Box dibuat dari kotak akrilik yang bertuliskan produk yang dipromosikan dan di dalam terdapat lampu neon. 


g.  Seni kriya

Seni kriya adalah seni terapan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,  atau bisa disebut dengan seni pakai,  tetapi bisa juga disebut dengan seni murni karena hanya dinikmati keindahannya saja. 


h.  Seni ilustrasi

Ilustrasi dalam bahasa Inggris disebut illustration dari bahasa Latin yang berarti menjelaskan atau menerangkan sesuatu atau cerita,  artikel dengan gambar-gambar.

Jika ingin Menyalin Halaman ini 


Disqus Comments